Makalah Pancasila Sebagai Idiologi Pembelajaran/Pendidikan Dasar Manusia


MAKALAH
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI PEMBELAJARAN/PENDIDIKAN DASAR MANUSIA







Disusun Oleh
1.      ZAINUL FAOZI                   (E1R016096)



UNUVERSITAS MATARAM
2016/2017



KATA PENGANTAR

            Puji  syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia-NYA kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dalam bidang studi PANCASILA yang bertemakan “Pancasila Sebagai Idiologi Pembelajaran/Pendidikan Dasar Manusia”
            Mungkin dalam pembuatan makalah ini masih banyak memiliki kekurangan baik dari segi penulisan, isi dan lain sebagainya. Maka kami sangat mengharapkan kritikkan dan saran guna perbaikan untuk pembuatan makalah di hari yang akan datang. 
            Demikianlah sebagai pengantar kata, dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini semoga dapat diterima dan bermanfaat bagi semua pembaca. Khususnya bagi mahasiswa-mahasisiwi SNT-53 ntuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan keterampilan kependidikan demi terciptanya pendidik professional.
            Atas semua ini kami mengucapkan terimakasih bagi segala pihak yang telah ikut membantu dalam menyelesaikan makalah ini.








Mataram, 30 september 2016
Penyusun

Kelompok 4

DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B.Tujuan

BAB II
PEMBAHASAN HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA
A.  Hakikat Manusia dengan Dimensi-Dimensinya
B.  Pengembangan Dimensi-Dimensi Tersebut
C.  Manusia Indonesia
D.Perbedaan Manusia dan Hewan
E. Hakikat Manusia Menurut Islam
F. Pandangan Tentang Hakikat Manusia

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Pertanyaan Dan Jawaban







BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Potensi kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia. Manusia memiliki ciri khas yang secara prinsip berbeda dari hewan. Ciri khas manusia yang membedakannya dari hewan terbentuk dari kumpulan terpadu dari apa yang di sebut sifat hakikat manusia. Disebut sifat hakikat manusia karena secara hakiki sifat tersebut hanya dimiliki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan. Oleh karena itu, strategis jika pembahasan tentang hakikat manusia ditempatkan pada seluruh pengkajian tentang pendidikan, dengan harapan menjadi titik tolak bagi paparan selanjutnya. Untuk mencapai pengetahuan hakikat manusia tersebut maka akan dikemukakan materi yang meliputi : arti dan wujud sifat hakikat manusia, dimensi-dimensinya, pengembangan dimensi tersebut dan sosok manusia Indonesia seutuhnya.

B.    Tujuan
            Adapun tujuan menyusun makalah ini untuk mengetahui tentang pengertian apa itu Hakikat Manusia dan Pengembangannya dalam dimensi-dimensinya.














BAB II
PEMBAHASAN
Sasaran pendidikan adalah manusia. Pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk meneumbuhkembangkan potensi-potensi kemanusiaannya.
Ciri khas manusia yang membedakannya dari hewan terbentuk dari kumpulan terpadu (intergrated) dari apa yang disebut sifat hakikat manusia. Di sebut hakikat manusia karena secara hakiki sifat tersebut hanya dimilki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan.

Sifat Hakikat Manusia
Sifat hakikat manusia menajadi bidang kajian filsafat, khususnya filsafat antropologi. Hal ini menjadi keharusan karena pendidikan bukanlah sekedar soal praktek melainkan praktek yang berlandasan dan bertujuan. Sedangkan landasan dan tujuan pendidikan itu sendiri sifatnya filosofis normative.
Sifat hakikat manusia diartikan sebagai ciri-ciri karakteristik, yang secara prinsipiil (jadi bukan hanya gradual) membedakan manusia dari hewan . Meskipun antara manusia dengan hewan banyak kemiripan terutama jika dilihat dari segi biologinya.
Kenyataan dan pernyataan tersebut dapat menimbulkan kesan yang keliru, mengira bahwa hewan dan manusia itu hanya berbeda secara GRADUAL.  Wujud sifat hakikat manusia, pada bagian ini akan di paparkan wujud sifat hakikat manusia (yang tidak dimiliki oleh hewan) yang dikemukakan oleh paham eksistensi dengan maksud menjadi masukan membenahi konsep pendidikan, yaitu,
1. Kemampuan menyadari diri
2.  Kemampuan bereksistensi
3.  Pemilikan kata hati
4.  Moral
5.  Kemampuan bertanggung jawab
6.  Rasa kebebasan(kemerdekaan)
7.  Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
8.  Kemampuan menghayati kebahagian


 

A.       HAKIKAT MANUSIA DENGAN DIMENSI-DIMENSINYA
Pada pembahasan telah diuraikan sifat hakikat manusia. Pada bagian ini sifat hakikat tersebut akan di bahas lagi dimensi-dimensinya atau di tilik dari sisi lain. Ada empat macam dimensi yang akan di bahas, yaitu
1.  Dimensi keindividualan
2.  Dimensi kesosialan
3.  Dimensi kesusilaan
4.  Dimensi keberagamaan

1. Dimensi Keindividualan
            Lysen mengartikan individu sebagai ”orang seorang” sesuatu yang merupakan suatu keutuhan yang tidak dapat dibagi-bagi (in devide). Selanjutnya individu diartikan sebagai pribadi . Karena adanya individualitas itu setiap orang memiliki kehendak, perasaan, cita-cita, kecendrungan, semangat dan daya tahan yang berbeda.
            Kesanggupan untuk memikul tanggung jawab sendiri merupakan cirri yang sangat esensial dari adanya individualitas pada diri manusia. Sifat sifat sebagaimana di gambarkan di atas secara potensial telah di miliki sejak lahir perlu ditumbuh kembangkan melalui pendidikan agar  bisa menjadi kenyataan. Sebab tanpa di bina, melalui pendidikan, benih-benih individualitas yang sangat berharga itu yang memungkinkan terbentuknya suatu kepribadian seseorang tidak akan terbentuk semestinya sehingga seseorang tidak memiliki warna kepribadian yang khas sebagai milikinya. Padahal fungsi utama pendidikan adalah membantu peserta didik untuk membentuk kepripadiannya atau menemukan kediriannya sendiri. Pola pendidikan yang bersifat demokratis dipandang cocok untuk mendorong bertumbuh dan  berkembangnya potensi individualitas sebagaimana dimaksud. Pola pendidikan yang menghambat perkembangan individualitas (misalnya yang bersifat otoriter) dalam hubungan ini disebut pendidikan yang patologis.

2. Dimensi kesosialan
            Setiap anak dikaruniai kemungkinan untuk bergaul. Artinya, setiap orang dapat saling berkomunikasi yang pada hakikatnya di dalamnya terkandung untuk saling memberi dan menerima.
Adanya dimensi kesosialan pada diri manusia tampat lebih jelas pada dorongan untuk bergaul. Dengan adanya dorogan untuk bergaul, setiap orang ingin bertemu dengan sesamanya.
Seseorang dapat mengembangkan kegemarannya, sikapnya, cita-citanya di dalam interaksi dengan sesamanya. Seorang berkesempatan  untuk belajar dari orang lain, mengidentifikasi sifat-sifat yang di kagumi dari orang lain untuk dimilikinya, serta menolak sifat yang tidak di cocokinya. Hanya di dalam berinteraksi dengan sesamanya, dalam saling menerima dan memberi, seseorang menyadari dan menghayati kemanusiaanya.



3. Dimensi kesusilaan
            Susila berasal dari kata su dan sila yang artinya kepantasan yang lebih tinggi. Akan tetapi di dalam kehidupan bermasyarakat orang tidak cukup hanya berbuat yang pantas jika di dalam yang pantas atau sopan itu misalnya terkandung kejahatan terselubung. Karena itu maka pengertian yang lebih. Dalam bahasa ilmiah sering digunakan dua macam istilah yang mempunyai  konotasi berbeda yaitu, etiket (persoalan kepantasan dan kesopanan) dan etika (persoalan kebaikan). Kesusilaan diartikan mencakup etika dan etiket.
Persoaalan kesusilaan selalu berhubungan erat dengan nilai-nilai. Pada hakikatnya manusia memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan susila, serta melaksanakannya sehingga dikatakan manusia itu adalah mahluk susila.

4. Dimensi Keberagamaan
            Pada hakikatnya manusia adalah mahluk religius. Beragama merupakan kebutuhan manusia karena manusia adalah mahluk yang lemah sehingga memerlukan tempat bertopang.
Manusia memerlukan agama demi kesalamatan hidupnya. Dapat dikatakan bahwa agama menjadi sandaran vertical manusia.Manusia dapat menghayati agama melalui proses pendidikan agama. Pendidikan agama bukan semata-mata pelajaran agama yang hanya memberikan pengetahuan tentang agama, jadi segi-segi afektif harus di utamakan. Di samping itu mengembangkan kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa perlu mendapat perhatian.


B.      PENGEMBANGAN DIMENSI-DIMENSI HAKIKAT MANUSIA
Sasaran pendidikan adalah manusia sehingga dengan sendirinya pengembangan dimensi hakikat manusia menjadi tugas pendidikan. Meskipun pendidikan itu pada dasarnya baik tetapi dalam pelaksanaanya mungkin saja bisa terjadi kesalahan-kesalahannya yang lazimnya di sebut salah didik. Sehubungan dengan itu ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu
1.Pengembangan yang utuh
Tingkat keutuhan perkembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh dua factor, yaitu kulaitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial dan kualitas pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya.
Selanjutnya pengembangan yang utuh dapat dilihat dari berbagai segi yaitu, wujud dan arahnya.
a.   Dari wujud dimensinya
Keutuhan terjadi antara aspek jasmani dan rohani, antara dimensi keindividualan, kesosialan, kesusilaan dan keberagamaan, antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pengembangan aspek jasmaniah dan rohaniah dikatakan utuh jika keduanya mendapat pelayanan secara seimbang.  Pengembangan dimensi keindividualan, kesosialan, kesusilaan dan keberagaman dikatakan utuh jika semua dimensi tersebut mendapat layanan dengan baik, tidak terjadi pengabaian terhadap salah satunya. Pengembangan domain kognitif, afektif dan psikomotor dikatakan utuh jika ketiga-tiganya mendapat pelayanan yang berimbang.
b.   Dari arah pengembangan
Keutuhan pengembangan dimensi hakikat manusia dapat diarahkan kepada pengembangan dimensi keindividualan, kesosialan, kesusilaan dan keberagaman secara terpadu. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan dimensi hakikat manusia yang utuh diartikan sebagai pembinaan terpadu terhadap dimensi hakikat manusia sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara selaras. Perkembangan di maksud mencakup yang bersifat horizontal (yang menciptakan keseimbangan) dan yang bersifat vertical (yang menciptakan ketinggian martabat manusia). Dengan demikian totalitas membentuk manusia yang utuh.

2.   Pengembangan yang tidak utuh
Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani, misalnya dimensi kesosialan didominasi oleh pengembangan dimensi keindividualan ataupun domain afektif didominasi oleh pengembangan dimensi keindividualan ataupun domain afektif didominasi oleh pengembangan domain kognitif. Demikian pula secara vertical adadomaintingkahlakuterabaikanpenanganannya.
Pengembangan yang tidakutuhberakibatterbentuknyakepribadian yang pincang dan tidakmantap. Pengembangansemacaminimerupakanpengembangan yang patologis.



C.      MANUSIA INDONESIA
Sosokmanusia Indonesia seutuhnyatelah di rumuskan di dalam GBHN mengenaiarahpembangunanjangkapanjang. Dinyatakan bahwa pembangunan nasional dilaksanakan di dalam rangka pembagunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat indonesia. Hal ini berarti bahwa pembangunan itu tidak hanya mengejar kemajuan lahiriah, seperti pangan, sandang, perumahan, kesehatan ataupun kepuasan batiniah seperti pendidikan, rasa aman, bebas mengeluarkan pendapat yang bertanggung jawab atau rasa keadilan, melainkan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara keduanya sekaligus batiniah.
Selanjutnya juga diartikan bahwa pembangunan itu merata di seluruh tanah air, bukan hanya untuk golongan atau sebagian dari masyarakat. Selanjuatnya juga di artikan sebagai keselarasan hubungan antara manusia dengan tuhannya, antara sesama manusia, antara manusia dengan lingkungan alam sekitarnya, keserasian hubungan antara bangsa-bangsa dan juga keselarasan antara cita-cita hidup di dunia dengan kebahagiaan di akhirat


D. PERBEDAAN MANUSIA DAN HEWAN

Hewan
Manusia
1.     Memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir
2.     Makhluk biologis
3.     Punya instik
4.     Bertindak menurut instink
5.     Tidak mengenal etika, estetika dan agama
1.     Ketika dilahirkan tidak berdaya sama sekali
2.     Makhluk biologis, individu dan sosial
3.     Potensi yang berkembang
4.     Bertanggung jawab
5.     Punya etika, estetika, dan agama

E. HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
     a. Manusia makhluk yg paling mulia dan atau paling hina
     ·Mulia =>Konstruksi jasmani dan rohani manusia lebih  lengkap
     ·Hina => Tingkah lakunya bertentangan dgn aturan Tuhan
b. Hakikat kejadian manusia
    Asal manusia
    ·Jasmani => Tanah
    ·Rohani => Gaib
c. Proses Terwujudnya manusia
    ·Manusia yg terwujud tanpa ibu dan bapak => Adam
    ·Manusia yg terwujud tanpa ibu => Hawa
    ·Manusia yg terwujud tanpa bapak => Isa
    ·Manusia yg terwujud dari laki-laki dan perempuan => manusia sekarang
    ·Terwujudnya manusia menurut teori Darwin=>Manusia berasal dari kera


F. PANDANGAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA

         1. Pandangan Psikoanalitik
ØSuatu aliran dalam ilmu  jiwa yg mencoba menganalisis kejiwaan manusia atas bagian-bagiannya
         Struktur Kepribadian Manusia terdiri dari 3 komponen (Freud)
     a. Id yang berfungsi untuk menggerakkan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya
     b. Ego berfungsi untuk menjembatani antara keinginan id dg lingkungan yang realistis
     c. Super ego berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingkah laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral

         2.     Pandangan Humanistik
ØMelihat manusia itu secara  manusiawi
         Dipelopori oleh Rogers, Jeans Jacues Rousseau, Martin Buber
a. Rogers
          Manusia adalah makhluk yg terus berubah dan diibaratkan dgn air mengalir yang tanpa hentinya.
b. Jean Jacues Rousseau
          Pada dasarnya manusia itu adalah baik tapi dirusak oleh masyarakat atau        lembaga.
c. Martin Buber
           Manusia merupakan suatu (eksistensi) yang berpotensi, tetapi potensi itu terbatas, sehingga sulit untuk memperkirakan bagaimana masa depan mansia tersebut. Manusia tidak dapat dikatakan baik atau jahat tetapi mengandung  kedua kemungkinan itu

   3.      Pandangan Behavioristik
ØTingkah laku manusia ditentukan oleh lingkungan dimana individu itu  berada

          Dipelopori oleh Skinner, Kohler, Wetson, Thorndike
1).Tingkah laku manusia ditentukan oleh lingkungan di mana individu itu berada
2). Tingkah laku manusia dapat dikendalikan dengan mengatur lingkungan tempat individu itu berada 


BAB III
PENUTUP
A.       Kesimpulan
            Dari uraian bab I dapat disimpulkan bahwa sifat hakikat manusia dan segenap dimensinya hanya dimilki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan. Ciri-ciri yang khas tersebut membedakan secara prinsip dunia hewan dari dunia manusia
            Adanya hakikat tersebut memberikan tempat kedudukan pada manusia sedemikian rupa sehingga derajatnya lebih tinggi dari pada hewan dan sekaligus mengusai hewan
            Salah satu hakikat yang istimewa ialah adanya kemampuan menghayati kebahagian pada manusia
            Semua sifat hakikat manusia dapat dan harus ditumbuh kembangkan melalui pendidikan
            Berkat pendidikan maka sifat hakikat manusia dapat ditumbuhkembangkan secara selaras dan berimbang sehingga menjadi manusia yang utuh.

B.      Saran
1.Kepada semua pihak yang berkepentingan dunia pendidikan wajib berpegang teguh kepada nilai-nilai kependidikan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab kesehariannya
2.Penerapan paradigma baru dalam pendidikan disosialisasikan lebih luas

Makalah Pancasila Sebagai Idiologi Pembelajaran/Pendidikan Dasar Manusia Makalah Pancasila Sebagai Idiologi Pembelajaran/Pendidikan Dasar Manusia Reviewed by Zainul Faozi on April 14, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads